My Ahjussi Drama Korea Paling Realistis - Review Drama Korea

by - April 07, 2018

Lee Ji An (IU) yang dingin di drama My Ahjussi.

My Ahjussi atau My Mister menjadi drama paling kontroversial saat ini. Drama ini langsung mendapatkan protes bahkan ketika masih dalam tahap pemilihan pemain karena karakter utama, Lee Ji An dan Park Hoon Dong yang memiliki perbedaan usia sekitar 20 tahun. Dalam cerita, Lee Ji An masih berusia 20 tahun dan Park Hoon Dong 40 tahun. Publik Korea sangat sensitif dengan kisah semacam ini. 

Kemungkinan yang ditakutkan adalah akan banyak gadis usia muda yang biasanya mudah terbuai oleh cerita drama, mengharapkan pria yang lebih tua untuk menyelesaikan masalah kehidupan yang dihadapi. Karena biasanya banyak drama korea yang hanya menjual fantasi dan melodrama semata. Untungnya My Ahjussi merupakan drama yang berbeda. Drama ini sangat realistis dan matang.

Lee Ji An (IU) dan Park Hoon Dong (Lee Sun Kyun)

Sebenarnya setelah tayang, drama IU ini kembali mendapatkan protes karena adegan kekerasan antara Lee Ji An dan Lee Kwang Il (yang diperankan Jang Ki Yong). Ada yang menganggap jika adegan itu seperti "meromantiskan kekerasan dalam pacaran". Padahal hubungan antara keduanya belum diungkap. Dan adegan kekerasan ini memang dibutuhkan dalam cerita. Kalau dihapus akan mengubah esensi cerita. Seharusnya juga tidak menjadi masalah karena drama ini tayang di TVN, saluran TV kabel Korea. Apalagi jam tayangnya pukul 21.30 jadi jauh dari jangkauan anak-anak. 

Akting IU menuai pujian.

Drama ini memang sangat realistis. Terutama soal karakter-karakter di dalamnya. Pertama Lee Ji An. Mungkin akan sangat biasa jika ditulis bahwa ia gadis miskin yang bekerja sebagai karyawan kontrak di kantor besar. Ia juga memiliki catatan kriminal karena membunuh rentenir yang menganiaya keluarganya. Membaca kemalangan Lee Ji An pasti bakal ada yang komentar, "ah klasik". Ya, saya juga mengeluarkan komentar seperti itu ketika belum menonton. 

Lee Ji An memakai kacamata untuk menutupi lebam di mata.

Karakter Lee Ji An dibawakan dengan baik oleh IU. Ia menunjukan peningkatan kualitas akting. Melihat Lee Ji An, kita akan melupakan IU yang cantik, ceria, multi-talented dan unyu-unyu. Karena dengan memilih karakter ini, Saya yakin IU berniat naik kelas dalam hal akting. IU berubah menjadi orang yang benar-benar dingin dan tidak tersentuh. 

Kehidupan Park Hoon Dong yang sempurna tapi tidak bahagia.

Jangan dikira kehadiran Park Hoon Dong dalam kehidupan Lee Ji An akan menjadi mata air di tengah padang gurun. Park Hoon Dong memiliki ketidakbahagiaannya sendiri meski posisinya di kantor adalah seorang manajer. Ia harus rela dipimpin oleh juniornya jaman kuliah dulu yang selalu ingin menjatuhkannya. Park Hoon Dong terkadang harus berada di posisi dimana ia merasa terhina. Kehidupan pernikahannya juga tak bahagia. 

Selain Park Hoon Dong dan Lee Ji An, ada dua karakter lagi yang menjadi sentral cerita. Yakni dua saudara Park Hoon Dong, Park Sang Hoon dan Park Gi Hoon. Mereka menilai kehidupan Park Hoon Dong sangat sempurna sementara mereka adalah wujud dari kehidupan yang gagal. Baik karir maupun keluarga. Sebagai saudara, Park Hoon Dong hanya bisa meratapi nasib Sang Hoon dan Gi Hoon sambil diam-diam meratapi nasibnya sendiri. Kalau di dunia nyata kalian menemukan banyak kegagalan, begitu pula di drama ini. 

Adik Park Hoon Dong. Sutradara gagal.

Kakak Park Hoon Dong. Pengusaha bangkrut dan memiliki banyak utang.

Karena itulah drama My Ahjussi menurut saya adalah drama paling realistis. Memiliki karir yang baik belum tentu hidupmu menjadi mudah. Bisa jadi tiap hari adalah neraka dan tiap pagi harus berangkat kerja bagai menuju tempat eksekusi. Begitu juga ketika kita berada di usia seperti Lee Ji An. Banyak pertarungan batin antara harapan dan realita. Pernah dengar kan kalimat "Hidup tak seindah drama korea". Nah nonton my ahjussi mungkin beberapa di antara kalian akan mensyukuri karena hidup nggak sepahit hidup Lee Ji An. 

Lee Ji An memata-matai kehidupan Park Hoon Dong.

Jika ada hal yang tidak realistis dalam drama ini, adalah sisi lain Lee Ji An sebagai kriminal kelas kakap. Seakan tak memiliki teman tapi ada dua orang yang membantunya. Pegawai kebersihan di kantor dan pemuda yang tampak seperti gamer tapi anehnya dia juga paham hacking. Entah apa hubungan Lee Ji An dengan pemuda mau melakukan semua perintah IU ini. Atau mungkin akan diungkap di episode pertengahan atau akhir. Lee Ji An dengan mudah memeras CEO perusahaan agar memberinya uang. Handphone Park Hoon Dong juga dipasang semacam penyadap sehingga ia mengetahui semua percakapan Park Hoon Dong. 

Terlepas dari hal yang tidak realistis jika dibandingkan dengan kerealistisan dalam drama ini, My Ahjussi sangat Saya rekomendasikan untuk ditonton. Cerita yang matang dan tidak biasa memberikan warna tersendiri di tengah drama-drama yang masih airing.

Selamat menonton sobat koreaku 😘



You May Also Like

0 comments

saran, kritik dan masukan sangat dibutuhkan.