Review Film Pemenang/Nominasi Oscar (Part 1) - Lady Bird

by - March 19, 2018

Kehadiran Lady Bird sebagai film bergenre remaja seolah membawa angin segar. Telah lama genre ini didominasi cerita cinta-cintaan saja. Kalau pun mengangkat persoalan keluarga hampir semuanya diceritakan dengan formula yang sama. Itu pendapat pribadi sih. Karena terus terang, beberapa tahun belakangan malas dengan film bergenre remaja karena bosan.


Lady Bird sendiri merupakan nama yang dipilih oleh Christine, si tokoh utama dalam film ini untuk dirinya sendiri. Kebayangkan masa-masa dimana kita benci dengan nama pemberian orang tua. Ini merupakan satu di antara sekian banyak ketidakpuasan atas apa yang mereka berikan. Dari pemilihan nama tersebut menggambarkan pribadi Christine yang unik.


Ia memiliki hubungan yang rumit dengan Ibunya. Hal-hal kecil kerap membuat keduanya bertengkar. Christine berada di masa dimana ia tak ingin mendengarkan perintah apalagi omelan. Sementara Ibunya terus memancing perdebatan. Meski sebenarnya masih dalam porsi yang sangat wajar. Hubungan ini rasanya cukup membuat Christine ingin melanjutkan kuliah di New York agar jauh dari orang tuanya. Tentu saja ibunya melarang karena kesulitan finansial yang sedang dihadapi keluarga. Christine tetap pada pendiriannya dan mendaftar dengan bantuan Ayahnya.

Di sekolah Christine juga tak lepas dari pencarian jati diri ala remaja. Ingin diakui sekaligus dicintai. Dari mencari pacar hingga mencoba bergaul dengan murid paling tajir dan popular. Tetapi ia tak mencoba menjadi popular. Semata-mata yang dilakukannya untuk membuat masa remajanya lebih berwarna. Termasuk di dalamnya, keputusannya untuk memberikan keperawanannya di moment yang spesial.


Menonton perlakukan film ini, melihat bagaimana Christine memperlakukan Ibunya. Kita (wanita) akan dibuat serasa bercermin. Penyesalan Christine sama dengan yang kita rasakan setelah bertengkar dengan Ibu. Begitu pula, rasa sakit yang ia alami di akhir cerita. Justru karena keluarga, semakin sulit bagi kita untuk mengucap kata "maaf".

Sayangnya di ajang Academy Award 2018, Lady Bird gagal membawa pulang piala Oscar. Padahal banyak orang yang sangat ingin film ini menang. Meski tak memenangkan Academy Award, film ini layak mendapatkan apresiasi.

You May Also Like

0 comments

saran, kritik dan masukan sangat dibutuhkan.