Sejenak ngobrolin dokumenter

by - March 26, 2010

Bersama Pak Yopi Kurniawan, SPT.

Berawal dari pertanyaan pak Yopi tentang Tugas Akhir saya. Beralih ke Tugas Akhirnya Kirun yang ternyata juga sibuk membantu Yudi. Yudi sedang mengajukan proposal Tugas Akhir bulan ini. Ia mengambil penyutradaraan documenter. Nah dari sini mulailah ngobrol masalah Dokumenter. Seperti workshop pendek rasanya, selalu Pak Yopi membagi ilmu dengan Cuma-Cuma.

Pengalaman Pak Yopi mendampingi pembuatan documenter. Ide berhubungan dengan issu flu burung. Ada satu desa yang sampai hampir mengusir mantan ketua RTnya karena ia peternak unggas. Pengusiran inilah yang dianggakat. Beliau juga mengatakan kalau documenter yang terpenting adalah risetnya. Harus jeli melihat masalah sehingga menjadi paket program yang menarik. Sebenarnya riset pembuatan documenter sangat bombastis. Berhasil mengungkap kalau sebenarnya bukan issu flu burung yang menjadi alasan sebenarnya. Bahwa ada kasus korupsi yang melatarbelakangi kasus tersebut.

Tetapi karena kasus korupsi terlalu resiko untuk tim kecil ini ( bukan hana karena jumlahnya sdikit tetapi juga pembuatnya baru kelas dua SMP). Maka issu flu burung saja yang diangkat. Gila nggak sih riset yang dilakukan anak ingusan tsb? Itulah documenter, harus bisa mengungkap kebenaran suatu masalah secara real.

Pak Yopi juga bercerita ia membantu pembuatan documenter yang memenangkan festival. Mengangkat tentang jogja binalle. Dokumenter juga tentang luck, katanya. Statement-statement yang diperolehnya documenter tersebut bisa di bilang lucky. Secara kebetulan orang yang di tanya pendapatnya adalah seorang Antropolog. Saking Luckynya, seorang penjaga bus way mengeluarkan komentar yang sangat filsuf versi orang cilik. Hingga ada yang nyeletuk, pasti itu di direct (diarahkan) padahal tidak sama sekali.

Belum tau documenter apa yang akan dibuat Yudi tapi semoga tidak biasa. Yang jelas dia mengangkat paskibraka tapi dari view mana, kliatannya ia masih mencari. Caiyooo Yud!!!

You May Also Like

0 comments

saran, kritik dan masukan sangat dibutuhkan.